Rabu, 15 September 2010

Paus Berkunjung, Biaya Pengamanan Rp 280 Miliar


TEMPO Interaktif, London - Rencana kedatangan Paus Benediktus XVI dibayangi kemarahan masyarakat Inggris. Publik marah karena kunjungan pemimpin tertinggi umat katolik ini menggunakan duit dari para pembayar pajak. Mereka juga marah atas pelecehan anak dan hak asasi manusia di Vatikan.

Biaya yang termahal dalam menyambut Paus adalah biaya pengamanan. Nilainya mencapai £20 juta atau sekitar Rp 280 miliar. Lebih dari setengah biaya tersebut diambil dari dana pemerintah. Kontan, protes bermunculan menanggapi estimasi yang akan dikenakan bagi wajib pajak untuk membiayai pengamanan Paus selama di Inggris.

Kepala Polisi South Yorkshire Meredydd Hughes yang bertindak sebagai koordinator keamanan memperkirakan tagihan kepolisian sendiri bisa mencapai £1,5 juta atau sekitar Rp 21 miliar. Namun, polisi bersikeras angka itu adalah perkiraan yang sangat kasar dan tidak memperhitungkan realokasi sumber daya yang ada atau biaya kepolisian Skotlandia.

Selain berkunjung ke Inggris, Paus juga akan mendatangi Skotlandia. Polisi Skotlandia mengungkapkan mereka akan mengerahkan 1.600 petugas, didukung oleh satuan-satuan bersenjata untuk melindungi Paus. Lebih dari 60 jembatan akan ditutup sementara pada saat konvoi 15 kendaraan rombongan Paus melintas dari Edinburgh ke Glasgow.

Polisi mengatakan beberapa tindakan tersebut diambil sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan protes dari kelompok Protestan di Glasgow.

Puluhan ribu orang diharapkan menyambut Paus Benediktus di Misa di Glasgow, Birmingham, dan London serta di sela-sela pertemuan dengan para pemimpin politik.

CNN I MARIA C I PGR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar